|
|
|
Kalau menurut saya, perkataan saudara Fellix benar 50%. Analoginya begini, buat apa belajar lama, kalau hasil ulangannya tetep hancur. Orang tidak mengerti akan sangat kecewa karena sudah belajar lama-lama tapi nilai ujiannya hancur. Orang yang mengerti akan menggunakan logika, "Ya saya masih kurang belajarnya, seandainya saya tidak belajar kemarin mungkin bisa dapat 0". Artinya, saya baru percaya laptop Indonesia berkualitas jika:
1. Sudah diExport ke luar negeri.
2. Ada merek terkenal luar negeri yang menyerahkan OEM mereka untuk diproduksi pabrik local disini.
3. Mental korupsi Indonesia sudah hilang.
4. Kalau demo laptop dijatuhin, ditumpahi air, diinjek2 dalam keadaan nyala tapi masih selamet.
5. Kasih laptop buatan mereka ke situs review internasional model Tomshardware.
Kalau semua itu udah beres. Saya baru percaya laptop Indonesia memang OK.
Banyak belajar (laptop luar negeri) saja masih bisa dapet nilai jelek (rusak), apalagi tidak belajar (laptop Indonesia).
Kasus ini sangat beda, misalnya kalau demi membuat notebook yang berkualitas, Indonesia rela membeli Thinkpad (sayang udah telat dibeli Lenovo), nah dari situ dapat diberitahukan kalau Laptop Thinkpad Buatan Indoensia sudah OK karena teknisinya IBM.
Hok |
Homepage |
24.03.2008 - 21:38 | #
|
|
hmmm...
saya ingin menambahi tentang laptop lokal buatan dalam negeri sendiri...
klo dibandingkan dengan brand luar negeri memang masih kalah kelas...
tapi klo kita liat perbandingan harga dan kualitas yang diinginkan...
laptop lokal dapat bersaing dengan kualitas laptop luar negeri.
saya sendiri sudah lebih dari 3 tahun pakai Axioo dan tidak ada sedkit kendala pun... paling2 cuma butuh upgrade memorynya... karena kebutuhan sekarang.
semua jenis laptop sama... klo kita mengerti bagaimana kebutuhan kita terhadap laptop tersebut.
trims.
nra |
Homepage |
25.03.2008 - 16:34 | #
|
|
betol betol, setuju sekali dengan @NRA
menurut saya, orang yang beli laptop branded, rata-rata orang kebanyakan duit ato tidak tahu apa itu komputer "dengan baik".... hehehehe
tapi dari itu semua, performa VS harga tetap harus jadi pertimbangan utama... jangan2, ada laptop LOKAL, performa JELEK, tapi MAHAL... ya sama aja bohong...
sama aja boong juga kalo laptop BRANDED, MAHAL, tapi performance JELEK...
peace :P
fellix |
Homepage |
25.03.2008 - 20:17 | #
|
|
Sama dengan manusia, jangan membedakan manusia indo, manusia tionghwa, manusia amerika, yang penting adalah SIFAT / PERBUATANnya.
Dalam hal ini untuk pemula, memilih manusia dari tempat ibadah akan lebih baik kemungkinannya ketimbang memilih manusia dari umum. Walaupun tidak tertutup kemungkinan hal yang sebaliknya terjadi. Jadi untuk amannya ya tetap beli branded tapi pastikan branded itu sudah ada reputasi untuk bukti. DAN YANG HARUS DIINGAT ADALAH REPUTASI ITU DIHASILKAN BUKAN DIDAPAT!!!.
Hok |
Homepage |
26.03.2008 - 00:46 | #
|
|
Manusia sejak lahir perlu belajar
notebook lokal juga perlu belajar..
mereka mungkin sedang belajar. Tenang saja saya yakin mereka bisa tembus keluar kalau mereka terus belajar. Bukan hanya dari segi ITnya. tapi juga dari segi marketing dll.
Banyak aspek yang perlu diperhatikan.
nah kalo udah lokal, mahal, maruk, kualitas bobrok.
itu bisa dibilang mereka tidak belajar.
coba kita liat Zyrex. Apa mereka sudah Go Internasional? umur mereka berapa?
Sugik |
26.03.2008 - 11:59 | #
|
|
Zyrek dan Mugen itu dulu Toshibanya Indonesia, maksudnya brand laptop di Indonesia yang tua itu Zyrex, Mugen, Wearness. Tapi liat sampai sekarang apa ada yang menembus pasar local atau internasional? Dulu mugen dapet ISO 9006 karena kualitas produksinya yang bagus. Tapi setelah itu ya diem-diem aja.
Mirip waktu IM3 demo nonton liputan 6 di HP, dipamerkan ke Presiden Megawati. Tapi sekarang? NOL Besar. HDSPA ndak, 3G juga ndak. OK katakanlah Rp 0,00000000000000....1 sepuasnya untuk telp 2G, terus 3G local sesama berapa? 1 rupiah / detik?
KAyaknya hangat2 tahi ayam.....
[posted by hok]
Fellix |
Homepage |
26.03.2008 - 14:25 | #
|
|
@FELLIX SEBELUMNYA
ITU BUKAN TULISAN SAYA, KENAPA PAKAI NAMA SAYA?
fellix |
Homepage |
26.03.2008 - 19:42 | #
|
|
@HOK
DAN YANG HARUS DIINGAT ADALAH REPUTASI ITU DIHASILKAN BUKAN DIDAPAT!!!.
kalo reputasi dah didapat, semuanya di outsource, QUALITU CONTROL berkurang...
contoh : RUDY tukang potong rambut kalo sudah rame, ya pegawainya semua yang motong, dengan label RUDY HADISUWARNO...
terus? anda potong rambut, bayar mahal? bayar karena apa? Papan reklamenya ato tukang potongnya? pegawainya?
seandainya, pegawainya buka di pinggir kali, anda mau potong?
Justru itu masalah laptop branded... semuanya sudah hampir tidak beda dengan produk lokal selain "STICKER" yang melekat di casingnya... yang beda jauh cuman harganya...
fellix |
Homepage |
26.03.2008 - 19:47 | #
|
|
sekedar meluruskan, iso 9000 series itu bkn sebuah standard kualitas. iso 9000 series itu merupakan suatu standard sistem manajemen kualitas.
jadi kalo perusahaan sudah mempunyai sistem manajemen yg baku u/ mengontrol kualitas produk, maka berhak mengajukan sertifikat iso. soal kualitas produknya sendiri tidak diatur. yg diatur itu sistem manajemen nya.
arief |
27.03.2008 - 08:21 | #
|
|
Ya keliatannya merk branded banyak yang rusak
Tapi perlu diperhatikan juga penjualan yang berhasil dibukukan
Jadi tidak fair kalau dibilang notebook lokal tu jarang rusak
kalau pembelinya hanya se per berapanya notebook branded...
paling enak sih ya kembali ke diri kita sendiri. apakah kita malu :") kalo membeli laptop lokal...
seperti orang dengan EGOnya menenteng latest NSeries
Aku sih tidak mempermasalahkan laptop lokal dengan tidak. asal performa sesuai dengan spek yang dimiliki... tapi dengan harga terjangkau...:D
Sugik |
27.03.2008 - 17:59 | #
|
|
betul, HARGA VS PERFORMANCE is number 1, tapi bukan berarti MOBIL FERARI adalah yang tercepat, maka kita harus beli Ferari, saya rasa, perumpamaan ini bisa "dibaca" dengan baik oleh hati kita semua....
fellix |
Homepage |
27.03.2008 - 22:37 | #
|
|
YAh, tapi kan kadang kita sebagai bangsa indonesia suka ga konsisten ama apa yang udah kita janjikan ke orang2. OK juga sih pake barang lokal yang nawarin service centre banyak, spek lebih tinggi, harga bersaing or hal2 laennya, tapi pelayanan after buyingnya akan oke ga seperti janji mereka pas pameran? jangan2 ditendang2 lage pas mau komplain...kebiasaan dimana2 tuh
koco |
27.04.2008 - 02:19 | #
|
|
setuju pak, memang suka ngga konsisten. tapi jangan salah loh, saya ini dulunya orang yang super branded. motherboard kalo ngga asus termahal ngga mau, at least, second liner lah.
cd-rw kalo ngga plextor ngga mau...
monitor kalo ngga philips ngga mau
HP kalao ngga nokia ngga mau...
TAPI, seiring berjalannya waktu, saya merasa BRANDED HANYALAH SAMPAH yang terlalu banyak menempel dalam bentuk sticker...
saya bukannya suka dengan yang lokal, BUKAN. saya jujur aja, saya ini anti beli barang baru, kenapa?
KARENA GARANSI INDONESIA KAYAK SAMPAH. gitu aja deh, baik branded atopun non branded, garansinya benar2 kayak sampah, so... hehehehhe peace lah... terserah pada kepercayaan masing-masing mau beli apa, wuakakakakaka
tapi dengan garansi yang sama-sama bobrok, mending lokal, bila perlu lokal dan bekas. :p
salam garansi :p
fellix |
Homepage |
27.04.2008 - 22:02 | #
|
|
@fellix memang garansi Indo = sampah. Toshiba Tecra S1 contoh paling nyata. Garansi 3 tahun, masih 3 tahun, MB nya rusak yg kedua kali tapi udah tidak mau ganti baru. Padahal Tecra dulu termasuk merek mewah. Sepertinya Toshiba kurang bisa menjaga kualitas Tecra yang baru. Semoga saja DELL penulis tidak seperti itu.
Mengenai laptop local, kalau mereka sudah menghasilkan qualitas maka penulis juga tidak gengsi memakainya. Tapi selama masih belum berkualitas yang lupakan. Contoh Qualitas, salah satunya adalah update driver yang sering dan teratur. CS yang bisa ditelp 24/7. Kalau sering dipakai full load 100% gak rusak. Software managementnya bagus alias bukan generic dari perusahaan besar (misalnya Toshiba PowerSaver, Dell QuikSet bukan Intel prosesor Management). Menggunakan casing magnesium alloy. Menggunakan HDD 7200 rpm dan VGA Geforcfe 9300 atau lebih. Jatuh beberapa kali masih gak ada massalah (kalau keseringan ya rusak). Desain laptop nyaman (forsa klik untuk mouse terlalu mini jadi tidak enak). Dan lain-lain. Intinya apa yang membuat laptop local beda dari yang lain? Terutama dari sisi software. Kalau laptopnya berkualitas, maka mereka tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk R & D Software bagus yang tidak generic.
Hok |
Homepage |
29.04.2008 - 09:57 | #
|
|
ya asal mau bayar harga mahal silahkan. tapi kalo pengen harga murah dengan fasilitas bejibun ya artinya cuman berangan2.
arief |
29.04.2008 - 12:00 | #
|
|
@Arief ya itu lebih baik, minimal ada laptop merek local yang mahal tapi memiliki fitur yang tak kalah dari luar negeri. Bahkan kalau bisa mengalahkan mereka. Tapi sayangnya semua itu cuma mimpi belaka. Punya uang 30 juta mau beli laptop local dijamin juga tidak bakal memuaskan.
Hok |
Homepage |
30.04.2008 - 09:43 | #
|
|
Klo gue sih simpel aja...
kita beli laptop berarti kita beli spec donk; krn spec itu lah yang bisa menunjang tuntutan kebutuhan kita bekerja menggunakan tuh laptop.
Dari afrika ampe eropa klo kita punya laptop dg platform centrino ya pasti hebat, tp merek terkenal klo bukan centrino ya belum tentu..
khan kita smua dah pada tau; klo komputer hebat itu berawal dari intel didalamnya...jadi klo forsa nyang lo mo beli: Motherboard nya intel, Chipset nya intel, Wifi nya intel ya udah cari apa lagi...(cari duitnya buat nebus tuh laptop...!)
Moga ada manfaatnya!
Agus Nugroho
Blog guwe disini tengoklah jika engkau sudi; thanks!
http://agusnugrohojr.blogspot.com
Agus Nugroho |
Homepage |
12.05.2008 - 17:47 | #
|
|
sudi donkz, ntar gw tengok ya peace :p
fellix |
12.05.2008 - 22:53 | #
|
|
buat felix, thanks lo dah mo tengok blo gw...tar jgn kaget ya; klo lo liat blog gw trus kurang ini, kurang itu, sok deh kasih tau gw aja..yang jelas gw org yang open mind jadi mo terima segala macam usul yang membangun...lo ga beli laptop..tuh diatas pada mo beli laptop..
Agus Nugroho
http://agusnugrohojr.blogspot.com
Agus Nugroho |
Homepage |
13.05.2008 - 12:06 | #
|
|
waakkakakaka
salam bro agus :p
fellix |
14.05.2008 - 22:41 | #
|
|
??????
kok kayak burung?? (wakakakakak??)
Agus Nugroho |
Homepage |
16.05.2008 - 12:51 | #
|
|
neh ditambah vocab soal ketawa
jajajajajajaja [ketawa bahasa Portugese]
jejejejejejeje [versi spanish]
yg dulu sering maen gunbound international mungkin ngerti, kalo ternyata cara tertawa itu laen2 tiap bangsa
ga mesti kaya yg kita tahu hehehe [or hahaha... or hihihi
arief |
16.05.2008 - 13:09 | #
|
|
kyakyakyakyakya --> cara tertawa orang edan
fooder |
09.06.2008 - 04:46 | #
|
|
kalau mau uji -ukur laptop Forsa
sebaiknya ukur kwalitas barebone
aslinya -MSI- jangan lihat Forsa nya , dan yang namanya Laptop
buatan dalam negri itu tidak ada , yang ada adalah Laptop yang diassemble di dalam negri ,jadi yang hebat itu MSI nya bukan Forsa
Axio,Zyrex dsbnya . sama kayak mobnas TIMOR yang 100 % KIA itu
atau CN235 dsbnya
wahyu |
01.08.2008 - 13:39 | #
|
|
@wahyu
terima kasih masukannya sayangnya kami belum punya data-data "jeroan" forsa, axio dsb. dan tujuan saya artikel ini adalah untuk mengangkat derajat merk "lokal" yang dalamnya "import" karena kami yakin, orang mendengar "merk lokal" pasti akan langsung menutup telinga. 
sekali lagi terima kasih :D
kuching |
01.08.2008 - 23:48 | #
|
|
sory, saya justru salut pada anda , penulisan artikel ini malah mencerahkan enduser yang semula awam, ukuran kwalitas -secara salah- sering diukur dari harga dan merk ,alih-alih spec & benchmark , contoh :si a pilih merk s... v...io saat ditanya kenapa ? , habis bagus sih ! kenapa bagus ? karena MAHAL dan MERK TERKENAL ! , patokan ini berbahaya ! khususnya untuk produk computer ,karena banyak isi comp/laptop itu adalah modul-modul terpisah yang dibuat oleh vendor-vendor yang sudah teruji (intel,nvidia,ati,kingston,dsbnya) ,jadi jika sudah disatukan/diassemble performance tidak akan banyak berbeda ,bahkan seringkali merk terkenal dipermalukan oleh kinerja merk "lokal" yang jauh lebih murah 3x lipat harganya contoh :majalah pc chip sudah pernah menguji +- 10 merk laptop , dan yang paling unggul adalah forsa 1637 (silahkan lihat di majalah onlinenya), jadi Bung kuching silahkan teruskan artikel - artikel pencerahan seperti ini untuk topik-topik yang lain seputar comp/laptop , sekali lagi salut !!
wahyu |
04.08.2008 - 19:31 | #
|
|
@wahyu
terima kasih, saya akan berusaha sebaik-baiknya
kuching |
Homepage |
04.08.2008 - 19:54 | #
|
|
Ak pakai forsa 2 tahun merasa enak dan nyaman kecuali pas kena air dan kurang ramnya, itupun no problem sampai sekarang. Driver enak buat instal. Klo yang lain toshiba kadang sofware trobel terutama wifinya begitu juga axio n acer kadang sulit servisnya klo lagi trobel. Lokal enak ya forsa.
Eko Nur |
10.09.2008 - 22:22 | #
|
|
maaf mas/mbak.
saya pengguna forsa MS 1012. kemaren saya mudik pake bus, apakah karena kena goncangan ato apa.tiba2 touchpad saya jadi gak bisa d gunakan alis off..
ada yang tau penangannya???
terima kasih
wahdi putra |
Homepage |
12.10.2008 - 11:53 | #
|
|
saya juga jualan forsa, tapi drivernya masih kesulitan donlot .... hah ah a
riyadi |
26.11.2008 - 14:36 | #
|
|
maklum, mungkin bisa langsung ke kent computer :D
me |
26.11.2008 - 21:22 | #
|
|
saya baru beli forsa fs-3687 gara2 liat thread ini :D tapi sayang model fs-3687 yg saya beli udah g pake webcam lagi..
CAESAR |
06.03.2009 - 11:51 | #
|
|
selamat buat CAESAR, anda telah membantu mengurangi devisa keluar lebih banyak
lixz |
06.03.2009 - 12:11 | #
|
|
@ CAESAR.. maksudnya apa bro ga ada webcam??? bukannya di specnya dah lengkap ampe pake C2D?
boy81 |
18.03.2009 - 00:51 | #
|
|
emang lengkap, tapi ngga ada webcamnya ^^
lixz |
Homepage |
18.03.2009 - 20:54 | #
|
|
@caesar
u pilih yg seri plus webcam.cek di http://www.mellonbox.com/product...ory/MTE5/manu/
0
jack_cbr150 |
20.03.2009 - 19:38 | #
|
|
Klo kita ingin maju dukung merk lokal untuk memperbaiki kinerjanya. Untuk saya sendiri saya dapet laptop murah dengan spek bagus kenapa ga? toh... branded ato lokal kita pakenya buat keperluan yang sama. Lebih baik kita dukung merk dalam negeri untuk bisa go International. Aku Cinta Produk Dalam Negeri.... He he he he he
Pow |
13.04.2009 - 14:39 | #
|
|
luar biasa banget setujunya ama si Pow :P
lixz |
Homepage |
14.04.2009 - 10:13 | #
|
|
Ya saya gak pilih laptop dalam negeri / luar negeri. Saya cuma pilih laptop yang bagus. Kenapa laptop dalam negeri tidak membuktikan diri dengan mengirim sample / contoh laptop mereka untuk direview di Tomshardware, Anandtech, Xbit, maupun situs hardware lainnya. Hal ini untuk membuktikan kalau laptop dalam negeri memang berkualitas dan murah, maka tidak perlu takut akan mendapat hasil jelek di Toms, dll.
Pastikan kita membela yang benar, jangan bela rakyat kecil, jangan bela pejabat, tapi belalah yang benar.
Hok |
Homepage |
14.04.2009 - 16:19 | #
|
|
Yups..saya setuju sekali, buat apa beli mahal mahal tp kualitas di bawah produk lokal, memang sudah terbukti kok, specifikasi forsa ga main main. lihat aja chipset board dan fitur hebat lainnya yg selalu up to date dengan trend masa kini. Misal interface LAN yg sudah memakai ethernet Gigabit, wireless terbaru (wireless N) yg baru di gunakan oleh laptop2 mahal sekelas NEC, SONY, yang harganya rata rata diatas 10 juta...
hmmmm..jangan beli merk tapi lihat kualitas di dalamnya. saya juga pakai Forsa 4011, saat merk2 lain sudah trouble dan harus di service, FORSA masih saja enjoy tanpa sekalipun masuk service. sekalipun sudah habis masa garansi...murah tapi ngga murahaan! coba saja, buktikan.
adedech |
Homepage |
20.04.2009 - 18:59 | #
|
|
tapi forsa ada ga yg pake vga discrete?
@adedech, soal trouble ada 2 factor, kualitas barang sama factor user nya sendiri [abuse dll]
arief |
21.04.2009 - 08:42 | #
|
|
gw mau pake forsa kalo tuh perusahaan udah ada situsnya.masa perusahaan komputer gak punya situs.kaya perusahaan mobil gak ikutan f1 ajah.gada pembuktian di kompetensinya.
doni |
23.05.2009 - 10:03 | #
|
|
Jangan cuma ada website saja. Tapi sering diupdate. Baik berita maupun driver. Terutama driver.
Hok |
Homepage |
23.05.2009 - 21:15 | #
|
|
aku jg abis bli fs 3687...
tp kog respon kamera nya jelek ya.. kalo aku bandingin ma acer + compaq cq40 series..
ada solusi ga? mungkin software baru..
kirim aku yaw..
trims b4
herlan@ |
18.06.2009 - 23:08 | #
|
|
Bos aq dealer Master laptop Forsa dimalang,dulu aq jualan AXIOO selama 1 tahun tp ternyata banyak yg rusak.kita repot bgt.untuk forsa 3 tahun sdh saya jualan yang rusak hny 2 ekor,cm DVDrwny thok,ma keybord.tapi lgsg kita ganti bru...Hidup Forsa!!
mbah |
10.09.2009 - 17:54 | #
|
|
tlg dibantu cari driver wifinya forsa MS 1012 ?
tks
ari |
24.09.2009 - 10:06 | #
|
|
Commenting by HaloScan
|