Para Kritikus berkata...
|
|
Jadi pengen order Peking duck.
Dulu gua waktu jadi pengurus OSIS juga "disiksa" tuh ama guru gua yang sok (en katanya emang lulusan) ABRI. Masak jadi anggota Sie Sosial OSIS musti bisa bangun jam 5 pagi tiap hari trus lari 5 kilo telanjang dada?
Kayaknya sekolah gua perlu dibubarkan nih.
Dodol Surodol |
04.18.07 - 10:24 pm | #
|
|
setuju mbak.. mending dibenerin daripada dibubarin..
berlaku juga untuk aneka ospek di kampus dan di sma.. plus aneka senioritas yang ada di smp dan sma.. let's stop bullying!
dan seruju banget kalo akademi militer mah harus super duper tahan banting..
anyway, katanya sih.. budaya militer itu gara-gara kita jajahan belanda.. hobby nya berantem mulu.. diperintah mulu.. hehehe..
K.C |
Homepage |
04.18.07 - 10:43 pm | #
|
|
bosen mbahas IPDN.hihihi...
cahyo |
Homepage |
04.19.07 - 9:27 am | #
|
|
mungkin, pulpen para camat itu khusus. jadi perlu kekuatan otot ekstra buat ngangkatnya. belum lagi buat ngasih stempel. atau buat sidak ke rakyat *halah*
trus pas 17-an, kan banyak lomba-lomba tuh. masa camat kalah sama hansip? makanya dibina sejak masa kuliah.
kenapa presiden dibawa-bawa? mungkin karena para menterinya dianggep loyo. lha mberesin masalah transferan duit aja ga becus, mau ngurus orang mati.
begitu..........
nYam |
Homepage |
04.19.07 - 11:03 am | #
|
|
untuk yang logika terbalik, memang argumennya kurang pas. Kesannya "mengkafirkan" yang tidak sejalan.
untuk pendidikan militer, nggak terlalu penting dibahas. Apalagi ditinjau dari sudut pedagogik *tendang pedagogik*
nuansa militer dalam pendidikan sipil sebetulnya sah-sah aja. Masalahnya kan penyiksaan eksesif itu.
apa yang dimaksud dgn restrukturisasi total?
akhir kata, bahasan situ soal IPDN kurang pas, ah! Mungkin waktu gojlokan masa kuliah dulu gak mengalami pelatihan bernuansa militer. Mungkin kebanyakan cuma duduk-duduk melingkari api unggun sambil genjreng-genjreng nyanyi nuansa bening, hahahahaha.... :p
ups, panjang amat yak komennya. Maap.
ipra |
04.19.07 - 11:25 am | #
|
|
Gw bolak-balik baca sebanyak2nya referensi IPDN & nemu ulasan (Stephanusmulyadi 8/4/07) paling menarik yg bikin gw setuju untuk menanda-tangani petisi pembubaran IPDN, disini...
http://www.mail-archive.com/foru...m/
msg11662.html
Menurut gw IPDN sudah 'sakit' bukan cuma mengalami simptom. Lulusannya 'gagal' melayani masyarakat. IPDN khusus mencetak 'pelayan' bukan 'penguasa' rakyat, catet yah*
* Bayangkan bikin KTP aja mumet,sigh... apalagi untuk urusan lebih rumit dari itu? sampe jingle iklan 'TanyaKen Apa' ngak mampu menyentil mereka 
Sistem pendidikan IPDN menerapkan 'keseragaman', hare gene 'kreativitas' dong! Bak-bik-buk (pukul-tendang) cuma menanamkan dendam, tak-tik-tuk (utak-atik) di kertas/komputer/media apa aja bisa membuat jutaan ide untuk memajukan Indonesia *iya kan iya*...
IPDN notoriuos tapi gratis dapet uang saku malah... siapa nolak TanyaKen Apa?
Nirwana |
04.19.07 - 12:23 pm | #
|
|
gue ga pernah euforia tanda tangan petisi online apa pun, soalnya gue selalu bertanya2 : emang ngaruh? Kalo udah dua juta orang sign, terus dibawa kemana suara2 itu?
emang 'yang berkepentingan' sering online? ihihiw.
okke |
04.19.07 - 2:04 pm | #
|
|
yah... kalo misalnya IPDN dibenerin... tapi masih ada seniornya yang masih belajar disana udah ngelamin sistem lama...
bukannya mungkin kejadiannya bakal berulang lebih besar lagi tuh...
kayak kemarin pas 2003...
pembubaran ini... mungkin untuk memutus mata rantai dari sistem lama ke sistem baru...
walaupun mungkin ga menjamin si ya... :D
Mela |
Homepage |
04.19.07 - 2:07 pm | #
|
|
kalo ga salah siih.. ipdn itu di bawah depdagri deh..
anggia |
Homepage |
04.19.07 - 3:49 pm | #
|
|
@ Dodol:
bikin petisi aja 
@KC:
Kalo SMP/A gw FIKIRmania, jd gak ada bully. Kuliah, gw enjoy ospeknya. Dapat pacar sih . Hehe... intinya ada yg salah dgn bangsa ini. IPDN dan other bully cuma simtom 
@cahyo:
Siapa yg ngomongin IPDN? Wong ngomongin petisinya 
@nYam:
in that case, alih fungsikan IPDN jd lembaga training wajib untuk mentri. Biar mentri gak loyo 
@ ipra:
Kalo pakai pedagogik, gak ada penyiksaan, apalagi yg eksesif Kayak Psiko yg cinta damai di tepi api unggun kan enak Eh, kamu gak nyebut ini lantaran "perwira jatahnya walikota" kan ?
Restrukturisasi total smp landasan filosofis, kurikulum, metode. Tetap cetak PNS, tapi civilian way 
@ Nirwana:
Iya, gw lihat nama loe di daftar 
Menurut gw yg sakit bangsa ini. IPDN cuma simtom 
@ Mela:
Kalo masalah senior, ditutup pun senior tetap gitu. Kecuali kalo di-declare jd partai terlarang dan KTP mrk ditandai 
@ Anggia:
Depdagri ya? Thanks for the info Habis kayak perang sih 
-may- |
04.19.07 - 4:58 pm | #
|
|
@ Okke:
Hehe.. kurang lebih itu jg yg gw pertanyakan Apalagi setelah petisi online jd ajang chatting gitu 
Eh, yg berwenang jarang online, soalnya gak jd dpt laptop gratis 
-may- |
04.19.07 - 5:01 pm | #
|
|
Seenggaknya kalo dibawa-bawa ke presiden kan semua orang juga jadi tau (apa iya, ya? hihi..), lewat reportasenya. karena bakal diliput dong sama media cetak maupun elektronik..
Maksud gue, seenggaknya, kalo ngga jadi dibubarin kan, orang yang tadinya minat akan mikir berkali-kali: 'ngapain masuk sana?' karena dengan rame2nya itu kebongkar deh busuk2 yg di dalam IPDN selama ini.
Abis gue sebel juga dengan hasil wawancaranya. Jangan kalau memang ada masalah eh.. ditutup-tutupin kayak pengakuan2 bos2 sana di tipi. Padahal udah didemonstrasiin lo, tendangan2 yg-ngga-ada-hubungannya-itu dengan ilmu yg bakal dipraktekan kelak!
Gue secara manusia, ngga yakin sukses (setidaknya lama banget, kalee) rekonstruksi awal. Soalnya yg dulu terlibat belum tentu ngga ikutan lagi. Alasan bisa dibikin; 'yg ngga terlibat jangan jadi korban'-lah, atau alasan tenaga, dll.. (kesannya gue lagi marah2 ya, mbak? maap.. )
indrasari |
04.19.07 - 5:50 pm | #
|
|
Well ribett ah..jujur gw sebenernya gak pernah minat ngomongin ini, baik d blog sendiri atw d blog siapa pun. But oke, now this my note:
"Bahwasanya ini menunjukkan penyakit bangsa ini sdh bgtu parahnya, kronis dgn berbagai komplikasi yg slg menular" "Ibarat HIV yg diserap adl sistem kekebalan tubuh...jd penyakit apapun gampang bgt menular" "Nah, utk yg satu ini, gw menyebutnya VIRUS MELECEHKAN HUKUM"
Alasannya adalah: Gw jabarkan dibawah ini (to be continued) 
tulus |
Homepage |
04.19.07 - 7:18 pm | #
|
|
Part 2,
Hehehe..takut kepanjangan aja nulisnya 
Setekah gw ikuti benar2, satu fakta yg membuat gw sgt terperangah ialah vonis pengadilan terhadap 10 praja yg tangannya berlumuran darah membunuh Wahyu Hidayat pd 2003, tdk dieksekusi, bahkan mereka diterima sebagai PNS. Salah 1nya Sandra Rachman, diangkat mjd ajudan Sekda Jabar. Sejumlah pihak menyebutkan narapidana ini jg diwisuda, meski pihak IPDN membantahnya.
Coba kita lihat, betapa kasus ini membuktikan bhw hukum d Indo dpermainkan olh pemegang kekuasaan. Keputusan pengadilan, bhkn sp tingkat MA, yg menyatakan mereka bersalah dlm kasus pembunuhan sesama praja, tdk digubris. Bkn sj olh pr terpidana, tp jg aparat penegak hukum yg bertanggung jawab utk mengeksekusi kptsn pengadilan.
Jika sj kasus kematian Cliff Muntu, tdk dibongkar, eksekusi thd pr pembunuh Wahyu Hidayat kemungkinan bsr tdk dijalankan. Hanya dgn tekanan publik, penyelewengan hukum ini diluruskan. Betapa memprihatinkan pelaksanaan kekuasaan hukum di Indonesia bukan?!
Belum selesai! hehe, menurut gw kasus ini jg mestinya membuka mata kita bhw IPDN tlh menyimpang jauh sbg lembaga pendidikan yg bertujuan mencetak pr pelindung rakyat (pamong praja). Para pendiri bangsa meyakini bhw perlindungan, terutama kpd rakyat n' bangsa adlh hukum, n' karenanya menetapkan negara berdasarkan atas hukum. Tp yg kita saksikan d IPDN adalah main kuasa, kekerasan, n' pelecehan thd hukum. Hmm, bisakah birokrat yg melayani publik dihasilkan dr lembaga yg melecehkan hukum, bhkn tdk bertanggung jwb atas biaya pendidikannya yg berasal dr rakyat?
tulus |
Homepage |
04.19.07 - 7:32 pm | #
|
|
(Part 3) Hahaha
Epilog:
Seharusnya, gw beranggapan smw phk yg diberi mandat mengevaluasi IPDN dharapkan memetakan masalah secara lebih luas... bukan hanya IPDN, tetapi juga lembaga-lembaga yang berkaitan. Well, we see lulusan IPDN, dan lembaga sebelumnya, STPDNi, tlh mendominasi birokrat d pemerintahan pusat maupun daerah. Buruknya birokrasi d Indonesia kemungkinan mempunyai korelasi yg nyata dengan buruknya IPDN yg tlh berlangsung lama. Masalah ini harus diteliti, n' mjd rekomendasi penting ttg kelangsungan institut ini.
Mengapa? Becozz bobroknya IPDN nggak lepas dr "pasar" yg menyerap lulusan institut ini. Diterimanya 10 narapidana dlm kasus Wahyu Hidayat, menunjukkan "pasar" yang kehilangan moral. Dan "pasar" utama IPDN adalah Depdagri, serta PEMDA. Lembaga2 ini menyerap begitu sj setiap lulusan institut tsbt, bhkn mereka yg berstatus terpidana.
Depdagri yg merekomendasikan pengangkatan n' penempatan 10 terpidana itu bukanlah lembaga yang tidak tahu UU, dan sgt mafhum konsekuensinya jk kekuasaan hukum tdk djalankan dgn adil dan tegas. Pemda2 yg menerima mereka jg paham akan hal itu.
So, intinya, masalah yang tjd d IPDN bkn sj terbatas pd pembunuhan Wahyu Hidayat,n' lalu Cliff Muntu olh sesama praja, tp sistem d kampus itu, dan pengelolaan birokrasi d Indonesia. Bobroknya IPDN ialah jwbn yg sgt mungkin utk menelusuri penyakit birokrasi, krna "VIRUS MELECEHKAN HUKUM"dr lembaga ini bsr potensinya menyusup di urat nadi birokrasi Indonesia. (TAMAT)
Mbak Maya, maaf yah (sampai 3 edisi)...aseli tadinya sich ngga niat nulis/ komen ini, tp kok jd nafsu gini? Hahaha
tulus |
Homepage |
04.19.07 - 7:42 pm | #
|
|
Indrasaree: Marah2? Enggak kok, loe masih "manis".. hehehe.. Tapi kalo marah2 juga gak papa. Emang yg gitu2 tuh kudu dimarahin biar kapok 
Sebenernya sih gw juga gak anti pembubaran IPDN. Cumaaa.. kalo gw sih ngelihatnya yg [lebih] penting bukan nutup IPDN. Yang lebih penting buat gw menghukum para pelaku dan mencegah kejadian berulang. Dan.. beda dgn teman2 blogger, menurut gw mencegah itu tidak dengan menghentikan IPDN saja. IPDN itu cuma sebagian kecil yg "kebetulan" terkuak.
Restrukturasi total memang pasti lama, dan mungkin tidak berhasil. Masalahnya, jika ditutup, apakah keadaan berubah? Menurut gw juga tidak
Dan sebenarnya, dengan liputan media seperti ini, mestinya IPDN gak usah ditutup pun akan gulung tikar sendiri 
tulus: jadi.. kalo loe gak mau bahas di blog loe, pelampiasannya di comment box gw? Gitu?
Tapi tulisan loe yg 3 part ini sedikit banyak memperjelas isyu yg pingin gw angkat Menutup IPDN tidak banyak gunanya selama paradigma "pasar" tidak berubah. IPDN ditutup, nanti muncul "produsen" tandingan.
Makanya, gw garis bawahi, eh.. maksudnya gw tebalkan epilognya tulus: Bobroknya IPDN ialah jwbn yg sgt mungkin utk menelusuri penyakit birokrasi, krna "VIRUS MELECEHKAN HUKUM"dr lembaga ini bsr potensinya menyusup di urat nadi birokrasi Indonesia.
Gunakan IPDN untuk menelusuri kebobrokan parah di negeri ini.. bukan cepat2 ditutup 
-may- |
Homepage |
04.19.07 - 8:00 pm | #
|
|
Nggak jadi deh. Setelah dipikir-pikir lebih bagus kalo, alih-alih dibubarin, dibikin jadi sekolah campur aja. Baca: ini hubungannya dengan pertelanjangdadaan.
Dodol Surodol |
04.19.07 - 8:08 pm | #
|
|
wah, mbahas IPDN. Rikues dong Mbak, mbahas masacre at Virginia Tech aja, lebih hot tu, soale ada alumni Unpar juga kan yang jadi korban... 
Yup, setuju. Sistemnya memang seperti itu, memang ada yang ga pas. Klo ntar lulusannya jadi tentara, ga ada salahnya dong sistem pendidikannya IPDN. Masalahnya, lulusannya (katanya) kan mau dijadiin camat/yg berhub sama birokrat, kan jadi ga pas. Jadi alternatifnya ya lulusannya bukan jadi camat/birokrat, tapi jadi tentara, ATAU sistemnya yg harus diubah total. Yang kedua ini menurutku susah
Herannya, koq kebanyakan pada tutup mulut sih?? Apa para mahasiswanya jg setuju?? Atau kebetulan mahasiswa yg 'berwenang' itu udah senior makanya mereka setuju sama sistemnya ya?? Kan bisa menganiaya junior, atau balas dendam, ha3... 
zilko |
Homepage |
04.19.07 - 8:30 pm | #
|
|
Dodol: boleh, boleh.. emang siapa bilang yg suka lihat dada telanjang cuman cowok ?
Zilko: Virginia Tech gw lagi baca2, nge-riset ada angle yg bisa dibahas gak..
Soal tutup mulut dan tetap diangkat jadi PNS itu yg bikin gw [lebih] concern. Senada dgn komentar Tulus, gw ngelihat bahwa pemerintah negeri ini masih melihat bahwa korban IPDN hanya "casualty", bukan kejahatan. Makanya gw pikir menutup IPDN gak banyak gunanya kalo mental "bangsa" masih seperti ini. Kalo "menganiaya" masih dipandang sebagai sesuatu yg gak salah, berapa pun yg ditutup akan selalu muncul bentuk penganiayaan lain 
Nutup IPDN itu quick solution, tapi tidak problem solving 
-may- |
Homepage |
04.20.07 - 9:10 am | #
|
|
tetep ya bo..
petisi online, walopun bersih dari junkers. mo dibawa ke mana? 
kalo ada yang bisa jelasin apa follow up dan kemungkinan efeknya mungkin gue masih mo ikut..
okke |
04.20.07 - 1:32 pm | #
|
|
kalo nurut gw, masalah yg timbul di IPDN itu mencerminkan buruknya proses seleksi penerimaan siswa yg umum terjadi pada sistem pendidikan di indonesia...
sistem pendidikan yg sudah dipilih dan kemudian diterapkan oleh pendiri maupun pengurus IPDN tentunya sudah melalui proses pemikiran yg panjang, orang2 yg perduli dgn sistem pendidikan dan kemudian mendirikan sekolah biasanya punya idealisme... mereka mungkin masuk dalam kelompok birokrat, tapi birokrat yg memang punya tujuan yg jelas dan bersih...
mereka tentunya punya data yg lebih komplit kenapa mereka menggunakan metoda yg mirip dgn pendidikan militer... gw rasa kalo mau mengkritisi metoda militernya, maka informasi yg digunakan tidak bisa hanya seupil saja...
gw gak tahu persis target apa yg ingin dicapai oleh IPDN... tapi yg jelas IPDN bukan sasana tinju... jadi kalo ada siswa yg kemudian lebih suka berantem, maka kesalahan utama justru pada proses seleksi penerimaan siswanya... lha wong berbakat tinju koq malah dididik jadi camat, ntar yg jadi petinju siapa dong ? trus yg sebenarnya lebih punya potensi jadi camat malah gak bisa sekolah karena bangkunya udah penuh...
gw bilang kesalahan spt itu adalah umum... kaya mbakyu yg punya blog ini sebenarnya juga salah satu korban dari buruknya sistem seleksi... lha sebenarnya lebih berpotensi jadi marketing atau penulis koq malah keterima di psikologi... dan spt kasus diatas, yg sebenarnya punya potensi jadi psikolog malah gak kebagian bangku...
dan kalo para operator penyeleksi adalah "sekedar lulusan psikologi" yg tidak memiliki keahlian maka siklus kesalahan seleksi akan terus berputar...
IPDN adalah sebuah sistem, berhasil tidaknya suatu sistem "tidak bisa" diukur dari dampak sosialnya... evaluasi terhadap suatu sistem adalah berdasarkan evaluasi terhadap "outputnya" (kualitas/keahlian lulusannya)... jika "ada" output yg sudah sesuai harapan, maka bisa dikatakan bahwa sistem-nya sudah benar...
kalo banyak output yg gak sesuai dgn yg diharapkan, maka kesalahan lebih cederung terjadi pada "operator" sistem (orang2 yg menjadi pengelola sistem)
kalo banyak operator yg gak bisa menjalankan sistem dgn baik... ya kecenderungannya ada kesalahan dalam rekruitmen-nya...
dan kalo "kualitas" sarjana psikologi yg ada selevel dgn mbak may, maka kesalahan umum dalam rekruitmen adalah suatu hal yg amat sangat wajar...
problem kita adalah terlalu banyak orang yg duduk bukan pada tempat-nya... kesalahan bukan karena sistem-nya tapi karena operator sistem-nya... selama operatornya masih salah tempat, maka perbaikan sistem tidak pernah akan memecahkan masalah...
Tino |
Homepage |
04.20.07 - 3:02 pm | #
|
|
" Kita punya Tradisi " kata kata itu yang sering didengung oleh para senior. Tradisi yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Korban kesewenang wenangan kelak menjadi pelaku kekerasan berikutnya, tidak jelas lagi mana korban mana pelaku. Korban kelak menjadi pelaku dan pelaku adalah korban sebuah tradisi.
Pembubaran IPDN dan kutukan terhadap birokrasi bertalu talu disini kadang gue lihat ada beberapa yang terlalu keras seperti dilontarkan oleh Nirwana. Memang birokrasi tidak sempurna tapi apakah semuanya brengsek? gue tidak sepakat dengan pendapat ini, karena keluarga besar gue adalah keluarga birokrat, TNI, Polri, BUMN dan gue tau benar mereka kebanyakan bekerja dengan sungguh sungguh. Kalau ada yang brengsek itu oknum. Birokrasi di tempat gue tinggal juga beres beres aja pengurusan surat2 mudah demikian juga dinas pajaknya.
Pembubaran bukan solusi terbaik, institusi yang lintas daerah seperti IPDN masih diperlukan agar kita menjadi Indonesia yang sesungguhnya. Kita butuh nasionalisme bukan kedaerahan. Kalau kedaerahan yang kita tonjolkan buat apa ada NKRI balik aja lagi ke jaman RIS. Dulu di jaman tante gue ada penggabungan SMA 9 dan 11 menjadi SMA 70 karena sering tawuran tapi puluhan tahun berikutnya tradisi tawuran tetap ada malah sekarang tiap angkatan punya nama. Tradisi yang buruk hanya dapat dilawan dengan kepemimpinan yang kuat dan kedisiplinan alias penegakan hukum.
Ara |
04.20.07 - 3:28 pm | #
|
|
Kita tidak bisa berharap banyak kesadaran akan datang dari para pelaku dan korban. Kesadaran itu harus datang dari pimpinan karena tradisi yang sudah berurat berakar. Korban tidak mungkin melawan walaupun jumlah mereka lebih besar ( sering terjadi jumlah senior lebih sedikit dari junior ) tapi jangan lupa dalam sekolah kedinasan itu junior tidak berdaya karena nanti sekeluar dari sekolah bisa jadi senior lo itu menjadi bos loe dipekerjaan dan seperti kita ketahui penilaian atasan sangat berperan untuk promosi dan penempatan jabatan. Itulah sebabnya tidak ada yang berani melawan biarpun dipukuli oleh senior yang jumlahnya sedikit padahal sebenarnya bisa saja menang kalau berkelahi tapi setelah itu lo digencet dan dikucilkan. Jarang ada yang berani menempuh resiko seperti itu mengingat karir masih panjang.
Ara |
04.20.07 - 3:52 pm | #
|
|
Petisi Pembuaran IPDN itu benar nanti akan dikirimkan ke Presiden dan Tim Evaluasi IPDN di mana Ryaas rasyid jadi anggota. Untuk dukungan media, paling tidak Detik.com sudah membantu dalam mengkomunikasikan petisi itu. Nanti pada saat akan menyerahkan hasil petisi ke Presiden dan Tim Evaluasi IPDN, media-media yang lain akan diminta bantuan.
Kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa yang menggelar demo menuntut pembubaran IPDN juga akan dijalin. Kalau perlu, keluarga korban yang meninggal di IPDN, baik yang terbukti dianiaya atau tidak diminta ikut berjuang soal penutupan IPDN ini. Para praja yang mengundurkan diri karena disiksa seniornya juga bisa diajak untuk berjuang.
Inti dari apa yang akan saya sampaikan adalah petisi itu memiliki strategi yang jelas mau diapakan dan dibawa ke mana?
Bagaimana dengan petisi yang akan Anda buat?
Saya sedang tidak dalam posisi menekan agar Anda tidak membuat petisi versi Anda itu. Ini negara demokrasi dan siapa pun bebas mengungkapkan pendapatnya.
Apakah petisi itu nanti berhasil mempengaruhi keputusan yang akan diambil pemerintah atau tidak, itu soal lain. Yang penting, kita telah berbuat sesuatu untuk mencegah pelayan-pelayan rakyat kita diisi dengan tangan-tangan berlumuran darah.
Arif |
Homepage |
04.20.07 - 4:52 pm | #
|
|
Apa kabar Kevin Phillip? (lo bukan Kevin Matthews D-nya PetisiOnline itu kan...hwehehe)
Maya wrote: ... emotional push-nya 'Nirwana'.
Ara wrote: Pembubaran IPDN... yang terlalu keras seperti dilontarkan oleh 'Nirwana'.
eh gw jadi 'sorotan' kalian berdua *halah* maksud hati mo jadi silent reader ko malah trigger the case sih, hihihi...
Gw setuju sama Tino-tukang-perahu berhasil tidaknya suatu sistem pendidikan dilihat dari outputnya: kualitas/keahlian lulusannya.
Kenapa sih kurikulum IPDN ngak menitikberatkan pada Customer Service skills (how to serve), secara mereka nantinya adalah **pelayan**' bukan pelindung apalagi penguasa di lingkup kecamatan.
**sekali lagi catet yah**.
Okke: ini juga pengalaman pertama gw ikut-ikutan voting ngak tau apa sih hasilnya nanti? simply to support the idealism *apa tuh*
Nirwana |
04.20.07 - 5:06 pm | #
|
|
kutipan: "Udah banyak yang ngebahas, di tiap blog ada, gak ada perlunya juga gw nulis kecuali kalo gw bisa nemu angle yang beda . "
kecuali di blog gue ye... secara blog narsiskatarsis gituh :D
*emotional push gue utk komen hari2 terakhir ini teredam abis, napa yah?*
aj's lover |
Homepage |
04.20.07 - 7:16 pm | #
|
|
pas aku buka blog ini barusan, aku kira posting baru loh (soale ga baca tulisan "update"nya), trus liat previous entry-nya koq bukan yg tentang IPDN?? Baru sadar kali ini update-nya di awal posting, tumben Mbak. Biasanya kan di akhir posting, he3... 
Ngomentari update-nya ah...
Klo usut tuntas semua kasus kekerasan di IPDN sejak pertama berdiri, bisa ada buanyak bgt kasus dan lama dong. Kan IPDN uda berdiri lama kan?? (walo ganti2 nama tapi kan lembaganya ya tetep 1 itu doang). Kemarin nonton berita di SCTV akhirnya terungkap kasus kematian salah satu mahasiswanya lagi 14 th yg lalu loh. Masalahnya, dulu kasus ini di cover-up. Jadi, kematiannya dibilang karena jatuh dari lantai atas waktu nyiram bunga, padahal ya karena kekerasan itu.
Klo kasusnya bisa di-cover seperti itu, makin susah kan ngelacaknya... Jangan2 poin 1 aja bisa makan waktu lama bgt lagi (trus kapan masuk poin 2 dan 3-nya?? )
Trus klo yg nomer 3 kan tujuannya menghindarkan pemerintahan dari budaya yang keras. Kan budaya keras ga dateng dari IPDN doank kan? Misalnya aja anak tentara gitu kan (katanya) dididik keras sama ortunya. Walo ga masuk IPDN kan bisa aja dia tetep tergolong 'keras bak tentara'... Jadi kan semua sumber kekerasan blom terbasmi juga...
zilko |
Homepage |
04.20.07 - 7:56 pm | #
|
|
Baidewei eniwei, iya tu, di blogku juga ga ada IPDN-IPDNan loh, blog saya kan blog narsis sekali, wakakakakaka... 
Kasus Virgina Tech Massacre menarik bgt tuh, katanya si pembunuhnya ngirim video kan?? Katanya dia dendam sama orang2 kaya, dan melakukan tindakan tsb padahal gamau. Hmmm, kayanya sangat bisa dihubungkan sama kejadian bom bunuh diri ato kejadian2 lain di Indonesia jg loh... Katanya dia juga stress ato mentally 'retarded', ada hubnya sama psikologi kan?? (ada ga ya?? )
zilko |
Homepage |
04.20.07 - 7:58 pm | #
|
|
Arif: saya jawab duluan, itung2 sebagai privilege buat yg baru pertama kali kasih komentar 
Well.. sesungguhnya saya tidak ingin bikin petisi apa2. Saya tidak pernah bercita2 membuat perubahan "besar". Saya hanya suka men-challenge hal2 kecil di sekitar saya, memberikan 2nd opinion, membahas dari angle yang beda, sehingga memperbesar kemungkinan adanya insight baru.
Petisi alternatif yang saya buat itu sebuah "challenge" terhadap pendapat mayoritas sekarang yang berseru: Bubarkan IPDN. Saya mencoba men-challenge Anda2 sekalian untuk melihat apakah petisi yg Anda2 serukan itu sudah tepat atau sekedar "menghilangkan simtom" belaka.
OK, Anda katakan "petisi itu memiliki strategi yang jelas mau diapakan dan dibawa ke mana" dan "Apakah petisi itu nanti berhasil mempengaruhi keputusan yang akan diambil pemerintah atau tidak, itu soal lain. Yang penting, kita telah berbuat sesuatu untuk mencegah pelayan-pelayan rakyat kita diisi dengan tangan-tangan berlumuran darah"
Namun, menurut saya sayang sekali jika "berbuat sesuatu" itu tidak dirancang dengan lebih baik lagi. Saya rasa Anda dan teman2 akan punya posisi bargaining yg lebih kuat saat bicara pada Ryaas Rasyid dan Presiden ketika Anda bisa menunjukkan hasil petisi yang bukan saja banyak, tapi datanya bersih Bukan dengan empat poin yang ngalor ngidul (dimulai dengan bubarkan IPDN dan baru setelah itu bicara tentang pengusutan tuntas dan malah melebarkan ke seluruh pendidikan di Indonesia pada poin ke-4), melainkan dengan tuntutan yg lebih terstruktur 
Seperti saya ucapkan berulang kali: silakan bubarkan IPDN. Tapi.. apakah itu yg terpenting untuk Indonesia? Think twice 
-may- |
Homepage |
04.21.07 - 1:31 am | #
|
|
Buat yg lain:
Okke: tuh, udah dijelasin sama Bung Arif visi dan misinya. Mau tanda tangan gak sekarang ?
Ara: Kecuali cerita soal kerabat loe yg birokrat dan SMAN 9 & 11, gw akur deh sama loe.. hehehe.. Kalo untuk yg dua itu gw agak bingung nyambunginnya sama bahasan gw 
Nirwana: "Komentar loe adalah emotional push buat gw".. halah! How does that sound for a tag line ? 
Naah.. gw setuju soal ini: "Kenapa sih kurikulum IPDN ngak menitikberatkan pada Customer Service skills (how to serve), secara mereka nantinya adalah **pelayan**' bukan pelindung apalagi penguasa di lingkup kecamatan". Makanya, menurut gw yg paling penting adalah RESTRUKTURASI TOTAL (terhadap landasan filosofis, kurikulum, dan seluruh komponennya), bukan sekedar menutup IPDN 
Mulai dari yg awal dulu: tetapkan standard keberhasilan camat (or whatever kerjaan lulusan IPDN) adalah "berhasil MELAYANI rakyat". Kalo gak ada perubahan standard, biarpun IPDN bubar, kejadiannya bakal sama lagi. Dan lagi. Dan lagi.. 
aj's: blog loe kan commercial break dari pembicaraan bloggers tentang IPDN 
Zilko: "Jangan2 poin 1 aja bisa makan waktu lama bgt lagi (trus kapan masuk poin 2 dan 3-nya?? "
Hehehe.. that's the point, Zil! Gw setuju sama Tulus bahwa masalahnya adalah penegakan hukum. Kalo point 1 berhasil diselesaikan, maka point 2 & 3 mungkin selesai dgn sendirinya, gak perlu lagi. Itu yg namanya diplomasi Kasih tuntutan banyak, terus nego.. seolah2 kita dapat nomor 1 aja, padahal dgn dapat nomor 1, nomor 2 & 3 sekaligus di tangan
Kalo nuntutnya pertama "Bubarkan IPDN", entar di-nego, bisa2 point 2 yang sebenarnya lebih penting malah gak dapat 
Virginia Tech gw belum dapat emotional push-nya. Gak bisa dipaksa 
-may- |
Homepage |
04.21.07 - 1:50 am | #
|
|
Tino: Iki opo. to, No? Metu2 kok ngajak padu 
Gw kutip tulisan loe: "sistem pendidikan yg sudah dipilih dan kemudian diterapkan oleh pendiri maupun pengurus IPDN tentunya sudah melalui proses pemikiran yg panjang, orang2 yg perduli dgn sistem pendidikan dan kemudian mendirikan sekolah biasanya punya idealisme ... gw gak tahu persis target apa yg ingin dicapai oleh IPDN... tapi yg jelas IPDN bukan sasana tinju... jadi kalo ada siswa yg kemudian lebih suka berantem, maka kesalahan utama justru pada proses seleksi penerimaan siswanya... lha wong berbakat tinju koq malah dididik jadi camat, ntar yg jadi petinju siapa dong ? trus yg sebenarnya lebih punya potensi jadi camat malah gak bisa sekolah karena bangkunya udah penuh"
Hmm.. kalo sistem pendidikan di IPDN sudah melalui proses pemikiran yg panjang, lalu kekerasan menjadi budaya di IPDN yg dilakukan oleh kebanyakan siswa (catat: bukan hanya praja yg bertanggung jawab pada kematian 3 rekannya yg suka melakukan penganiayaan. Yg lain juga, walaupun tidak sampai korbannya meninggal), maka.. mungkinkan terjadi kesalahan ideologi?
Gw rasa, hasil pemikiran panjang para pendiri dan pengurus menetapkan bahwa pendidikan di IPDN berbasis kekerasan Secara sistematik siswanya dibudayakan untuk melakukan itu. Jadi.. bukan salah rekrutmen orang yg berbakat tinju malah mau dijadikan camat Memang dididik bahwa camat itu mesti bisa bertinju 
Yang soal psikolog ntar2 aja dibahas, kalo Tino udah bisa mbedain kesalahan rekrutmen dengan kesalahan an-jab (analisa jabatan).. hehehe.. Yang jelas, kalo psikolognya IPDN "selevel" aku, hmm.. kayaknya kasus IPDN gak bakal terjadi.. HAHAHAHA... *belagu mode: ON*
-may- |
Homepage |
04.21.07 - 1:57 am | #
|
|
hehehehe ini posting tujuannya untuk perbaikan petisi ya...? Iya bener aku juga kaget tuh petisi kok jadi pebuh kata2 yg kurang pas... mestinya ga usah pake coment aja tuh petisi. Klo masalah isi ya bagus aja klo ada masukan atau tambahan.. kasih tahu aja ama anto.. aku pribadi intinya pembubaran adalah supaya kekerasan tidak di legalisir, klo di lembaga yg berpendidikan di excused gimana mau benerin yg di bawahnya? Dan klo ngeliat dosen, rektor, mahasiswa emua berusaha GTM dan menghilangkan jejak, waduh bingung juga mana yg musti di perbaiki ya dik? meski harapan selalu ada tap kira2i butuh waktu berapa lama ya? Untuk memperbaiki mental yg udah bertahun2 mendarah daging? BTW ya itu wacana-ku aja udah tahu ga bakal di bubarin kok, seperti waktu kasus Ery dan Wahyu dulu juga katanya mau di strukturisasi dan dihilangkan kekerasannya nyatanya cuman ganti nama doang
Masalah IPDN itu emang bikin mumet ya, di satu pihak mereka kelak jadi pelayan masyarakat di lain pihak mereka pernah menggebuki dan menghilangkan nyawa adik kelasnya, wah ga main2 yg melakukan itu cuman 350 orang lho.. yg masih belum di tindak dan jadi pejabat, dulu waktu aku di kampung, sering banget tuh ada kekerasan bacok2an pake cangkul, malem aku njahit sambil nangis...camatnya sih tidur nyenyak... meski puskesmas sebelahan ama kecamatan...yah mungkin itu hal yg di anggap biasa oleh beliau... well tapi itu mungkin emang aku-nya aja terlalu emosional ya?
Anyway thanks ya dik wacana-nya, and ngingetin iya neeh aku ga bisa senyum beberapa hari terakhir ini waduh... bawaannya pengen nangis mulu, ada yg nulis di TV Indo seorang ibu baru lihat kuburan anaknya stlh 14 th, aku nangis lagi... halaah gembeng tenan pancen 
Evy |
Homepage |
04.21.07 - 5:36 am | #
|
|
makin rame....hehehe...seneng kita bisa saling menerima perbedaan pendapat tanpa gebuk-gebukan. eh, yg gebuk-gebukan cuma di jatinangor ya? lupa, saya :D
ya udah, kita pertahankan aja yuk..ga usah dibubarin, biar mereka bunuh2an terus. lumayan, ngurangin populasi kan cuma sekian puluh praja yg mati dibunuh...
salam 
venus |
Homepage |
04.21.07 - 10:19 am | #
|
|
sebelumnya saran narsis dulu nih, lain kali kalau ngelink, deeplinking dong bu, biar kalo orang ngeklik langsung ke bahasan yang dimaksud, kan ga lucu banget kalo orang ngeklik trus tulisan yang nongol tentang masturbasi. Selain itu, disana juga akan muncul trekbeknya, pembaca disana jadi tahu kalau ada respon sepanjang dan sebagus ini.
Sekarang tentang petisi, ini yang dikritisi tentang petisinya kah? Atau pembubarannya? Kalau gitu, gimana dong saran petisi yang lebih baik dari yang sekarang dipajang? Apakah yang anda tulis di awal itu? (Nomer 1, usut sampai camat2, para PNS, dan semua jaringan lulusan STPDN/IPDN diusut saya setuju bangetttt :D, mantafff). Nomer dua, saya juga anti militer. Nomer 3... sepertinya perlu dijelaskan lagi deh. kalau gitu kan jadi terkesan sakit hati.
Btw, menurut ibu, apa perlu bikin petisi baru yang perumusannya melibatkan lebih banyak blogger? Atau sekalian tidak usah bikin petisi karena konyol dan sia-sia? Atau wait and see aja, serahkan semua pada SBY? Atau pokoknya jangan dibubarkan? Atau... gimana?
*ini mencet publish yg kedua, koneksi dodol atau moderated?*
wadehel |
Homepage |
04.21.07 - 11:11 am | #
|
|
BTW, poin 1 & poin 3 pada petisi asli tuh redundant atau kontradiktif ya?
Nggak kontradiktif sih, soalnya menurut gua poin 3 itu semestanya adalah siswa IPDN. Jadi:
jika A siswa IPDN, maka anggaran khusus dan ikatan dinas untuk A harus dihentikan
Kalo nggak ada siswa IPDN lagi, pernyataan di atas selalu benar.
BTW, Jeng, bikin petisi online yang menuntut penghapusan petisi online aja gih *bukan paradoks, tapi berkorban demi kebaikan yang lebih besar*
Dodol Surodol |
04.21.07 - 11:49 am | #
|
|
Mbak Evy: kalau maunya Mbak Evy ke situ, berarti mestinya petisinya bukan "pembubaran IPDN", tapi petisi untuk "Penghapusan Legalitas Kekerasan di Insititusi Pendidikan" Lengkapnya udah ditulis di posting terbaru 
Venus: Buat gw sih dibubarkan monggo2 aja. Tapi kalau demi Indonesia, yg harus dituntut lebih dari sekedar pembubaran IPDN Kalau mau ngurangin populasi, kumpulin aja koruptor, masukin ke kapal, bawa ke tengah laut, terus tenggelamin kapalnya.. 
Wadehel: kan link-nya ada 2? Yg pertama ke Wadehel, yg kedua deeplink Cuma coba yg pertama ya.. HAHAHAHA..
Point ke-3 kayak sakit hati? Enggak juga, sebab kalopun udah bubar, tapi alumninya masih dimana2 dan punya kuasa, maka ya sami mawon. Siapa jamin tidak akan berulang?
Saran untuk petisi di tulisan terbaru 
Dodol: Kalo IPDN udah dibubarkan, siswanya nggak ada dong? Atau tuntutannya bisa dinego ya, gak bubar tapi poin 3 dijalankan 
Menghapus petisi online kok pakai petisi online. Kayak demo anti Amerika Serikat yg undangannya dikirim pakai Microsoft Outlook dan via SMS HP Motorola aja 
-may- |
Homepage |
04.21.07 - 12:26 pm | #
|
|
Justru. Implikasi logika (jika P maka Q) itu kan kalo P-nya salah atau semestanya kosong, nilainya selalu true.
P -> Q
Kalo P salah, (P -> Q) selalu bener.
Dodol Surodol |
04.21.07 - 2:01 pm | #
|
|
Dodol: iya ya.. makanya tergantung semestanya kosong atau enggak, dan kalo P-nya salah .
-may- |
Homepage |
04.21.07 - 2:07 pm | #
|
|
analisa gosip...
"Hmm.. kalo sistem pendidikan di IPDN sudah melalui proses pemikiran yg panjang, lalu kekerasan menjadi budaya di IPDN yg dilakukan oleh kebanyakan siswa (catat: bukan hanya praja yg bertanggung jawab pada kematian 3 rekannya yg suka melakukan penganiayaan. Yg lain juga, walaupun tidak sampai korbannya meninggal), maka.. mungkinkan terjadi kesalahan ideologi?"
nurut gw, ini analisanya masuk akal tapi materi yg menjadi bahan analisanya (mutu informasi) sekelas "gosip"... "kebanyakan" itu kan berdasarkan data dari media... coba deh kapan-kapan melakukan riset kualitatif pada lulusan IPDN... sambil jalan-jalan keliling indonesia... setelah itu baru dibuat analisa yg lebih obyektif...
keahlian vs lulusan
kalo banyak camat atau PNS yg dianggap tidak kompeten dan mereka gak tahu kalo dirinya gak kompeten... maka penyebabnya bisa karena mereka sudah merasa "mampu" karena mereka sudah dididik (baca: sudah lulus IPDN)...
banyak orang beranggapan memiliki "kemampuan" karena sudah lulus suatu pendidikan khusus... seorang camat lulusan IPDN yg tidak kompeten tetep aja merasa lebih mampu dari orang kebanyakan yg bukan lulusan IPDN...
dan kecenderungan seperti itu sudah menjadi bagian dari "kepercayaan" masyrakat umum... seperti misalnya lulusan psikologi yg tetep merasa lebih mampu ketimbang orang kebanyakan...
Tino |
Homepage |
04.25.07 - 3:35 pm | #
|
|
Tino: eh, pulang mak-si ada komentarnya Tino 
nurut gw, ini analisanya masuk akal tapi materi yg menjadi bahan analisanya (mutu informasi) sekelas "gosip"
HAHAHA.. susah ya, berhenti pada "analisa masuk akal" Harus ditambahi materinya sekelas gosip ?
Ah, datanya gak dari media kelas koran kuning kok Dan bener, kalau mau akurat harus riset serius. Kalo ada yg mau bayar, gw riset deh.. 
kalo banyak camat atau PNS yg dianggap tidak kompeten dan mereka gak tahu kalo dirinya gak kompeten... maka penyebabnya bisa karena mereka sudah merasa "mampu" karena mereka sudah dididik (baca: sudah lulus IPDN)...
Kalau seseorang yg gak kompeten jadi camat diterima jadi camat, maka kesalahannya pada organisasi yg mengangkat dan/atau mendidiknya jadi camat Organisasi itu mengalami salah satu dari berikut:
a) Tidak tahu kompetensi yg dibutuhkan jadi camat
b) Tahu kompetensi yg dibutuhkan jadi camat, tapi tidak tahu kompetensi orang yg diangkat
c) Punya persepsi yg beda dari kamu (kita)tentang kompetensi yg dibutuhkan untuk jadi camat
Si calon mah bisa2 aja merasa kompeten, tapi kalo yg menerima tidak menganggapnya kompeten, dia gak akan diterima. Sebaliknya, si calon bisa2 aja menyadari dirinya gak kompeten, tapi kalau penerima menganggapnya cocok, ya dia tetap jadi camat.
Jadi, di sini bukan masalah lulusannya merasa kompeten atau tidak 
seperti misalnya lulusan psikologi yg tetep merasa lebih mampu ketimbang orang kebanyakan
Kebanyakan bergaul di milis yg jual nama psikologi padahal psikolognya nggak banyak ini ya ?
-may- |
04.25.07 - 4:05 pm | #
|
|
"susah ya, berhenti pada -analisa masuk akal- Harus ditambahi materinya sekelas gosip ?"
salah satu sample dari logika subyektif...
kompeten
gw sih gak ngomongin calon camat... atau camat yg memang sudah pas pada tempatnya... yg gw omongin adalah camat (yg sudah menjadi camat) yg kinerjanya buruk karena tidak kompeten, tapi dirinya tetap merasa kompeten karena sudah sekolah khusus sebagai camat...
dgn kata lain, bahwa kecenderungan yg berlaku umum thd pengukuran kompetensi adalah status/label/gelar yg melekat... bukan pada kemampuannya...
btw, hal itu juga sangat wajar karena ukuran kompetensi itu juga gak ada... jadi ya paling gampang mengukur dari latar belakang pendidikannya... atau ya dgn tawar menawar seperti di pasar...
Tino |
Homepage |
04.25.07 - 7:28 pm | #
|
|
Tino: "salah satu sample dari logika subyektif..."
Salah satu sample membaca kata per kata.. 
"yg gw omongin adalah camat (yg sudah menjadi camat) yg kinerjanya buruk karena tidak kompeten, tapi dirinya tetap merasa kompeten karena sudah sekolah khusus sebagai camat"
Emang udah sekolah khusus jadi camat ? IPDN kan bukan sekolah khusus jadi camat 
Dan lagi, yang banyak dikeluhkan apanya sih? Kompetensi atau sikap kerja? Kalau yg dibicarakan kompetensi, artinya adalah mengerjakan tugas2 yg menuntut keahlian. Kalau soal nggak melayani rakyat dgn baik, lebih ke arah sikap kerja ya. Sikap kerja itu bagian terpisah dari kompetensi, walaupun masuk juga dalam ranah jabatan yg harus dianalisa 
Makanya, kembali ke respons awalku: mau ngomongin rekrutmen/seleksi atau ngomongin analisa jabatan ? Kamu campur aduk sih.. hehehe..
-may- |
04.25.07 - 9:33 pm | #
|
|
Wah ternyata pembahasan disini lebih dalam ya...
Salam kenal....
Masindra |
Homepage |
04.30.07 - 10:32 pm | #
|
|
baca lengkap disini...
http://kompas.com/kompas-cetak/0...kbud/
789592.htm
IPDN sebagai lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berorientasi profesi di lingkungan Depdagri. (kenapa yg beken jadi Camat ya?)
Segala perangkat IPDN dipersiapkan untuk menghasilkan pamong yang mampu mengikuti perubahan masyarakat dan kemajuan teknologi.
Kurikulum yang dirancang antara lain mencantumkan penguasaan bahasa Inggris, teknologi informasi, serta pengetahuan dinamika sosial dan teknologi sebagai bagian utama. Sejumlah mata kuliah yang berkait dengan soal perpajakan, hukum adat, sejarah pemerintahan di Nusantara, dan perbandingan format pemerintahan antarnegara juga dicantumkan.
"Kita ingin menciptakan pamong yang tak hanya terampil, tetapi juga berwawasan global. Ini sesuai dengan dinamika masyarakat," papar Sudarsono.
Agar terbentuk pamong-pamong yang berkualifikasi sama dalam hal keterampilan (skill), mentalitas, dan kedisiplinan, kata Sudarsono, pola pengajaran, pengasuhan, dan pengawasan yang terasramakan tetap dipertahankan.
...upaya menghapus paradigma militeristik tidak serta merta terwujud. Menurut pemantauan Kompas, Rabu, hukuman fisik berupa push up dan lari keliling kampus masih diberikan kepada praja yang tidak disiplin. Hukuman diberikan oleh pengasuh yang mendampingi praja sejak dari Jatinangor.
Seorang staf Badan Diklat Depdagri mengatakan, untuk masa datang hukuman seperti itu harus diganti dengan pola mendidik. Misalnya, pamong diminta berpidato menirukan gaya lurah, lalu pamong lain diminta memberikan evaluasi.
*** menjadikan para pamong piawai & adaptif, kalo gitu... Ketrampilan (skill)nya harus 'famous' jangan lagi Disiplin ala militernya yg 'notorius'.
Nirwana |
05.01.07 - 11:57 am | #
|
|
MasIndra: aih, akhirnya si Mas muncul juga Hehehe..
Nirwana: Soalnya jabatan manajerial PNS paling rendah tuh Lurah, jadi ditinggiin dikit jadi Camat 
Nah! Itulah! Gw rasa masalah ada pada kesenjangan antara masyarakat dan para yg berwenang di IPDN (termasuk Ka BPL) dalam mengartikan "pamong yang mampu mengikuti perubahan masyarakat dan kemajuan teknologi.: Selama paradigma "mampu = tangguh (in military way)" masih ada, mau berapa kali dibubarkan ya muncul lagi muncul lagi. Yang harus dipupus adalah paradigma "military knows everything" itu 
-may- |
05.01.07 - 12:56 pm | #
|
|
Duh telat ya...
Kebetulan habis baca bukunya Inu Kencana Safei, IPDN under cover.
Saya baru tau kalo sebenarnya masalah disana, bukan cuma kekerasan terhadap junior saja. Tapi juga masalah narkoba dan seks bebas (termasuk aborsi). Masalah-masalah ini yang tidak pernah dicover oleh media massa. Bahkan wawancara Pak Inu di TV pun yang menyebutkan masalah selain kekerasan itu dipotong. Gak sesuai selera pasar kali ya?
Puji |
Homepage |
05.16.07 - 12:10 pm | #
|
|
Puji: Media nggak nge-blow up krn dianggap kurang rame dan kurang punya nilai jual kali . Kalo "cuma" narkoba/seks bebas kan kurang bombastis dibandingkan "pembantaian" .
Bagus tuh kalo Puji baca IPDN Undercover Biar bisa lihat masalahnya sebenernya dimana, tidak sekedar "disetir" media . I mean.. kasus kekerasan itu memang masalah, tapi kalau kita mau memperbaiki harus dicari AKAR masalahnya juga. Dan itu baru terjadi kalo kita cari tahu sebanyak2nya 
-may- |
Homepage |
05.17.07 - 7:17 pm | #
|
|
Commenting by HaloScan
|